Apa Itu Instruksi SSE, SSE2, SSE3, SSSE3, SSE4 Pada CPU

BGTorial - CPU/ Processor merupakan otak dari komputer, karena cpu merupakan sebuah kompenen terpenting dan paling utama dalam sebuah sistem komputer, karena seperti yang kita semua tau bahwa tanpa adanya processor seluruh komponen perangkat keras pada komputer tidak akan bekerja. Baik, mari kita lanjut ke topik pembahasan yaitu apa itu instruksi intel SSE pada microprocessor intel.

1. SSE

SSE merupakan singkatan dari Streaming SMID Extension. Pada awalnya, SSE disebut dengan nama Katmai New Instruction (KNI), dan sekarang hampir semua processor telah menggunakan instruksi ini, tidak sampai diintel saja, diprocessor seperti AMD dan VIA juga memakan instruksi SSE, karena perusahaan tersebut juga sudah mendapat lisensi dari Intel Corporation, SSE merupakan penyempurnaan dari teknologi MMX merupakan set pengembangan yang lebih besar dari instruksi SIMD (Single Instruction Multiple Data), dengan dukungan floating point 32 bit dan penambahan set register-register vektor 128 bit, yang memudahkan operasi SIMD dan FPU dalam waktu yang bersamaan.

2. SSE2

SSE2 merupakan seri lanjutan dari instruksi SSE, SSE2 memiliki Single Instruction Multiple Data 144 instruksi baru, dimana SSE hanya memiliki 70 instruksi. Kelebihan SSE2 ini adalah :
  • Pencapaian resolusi yang lebih tinggi dan kualitas tampilan gambar yang lebih bagus pada software-software grafis.
  • Kualitas yang lebih tinggi untuk aplikasi multimedia, seperti encoding dan decoding audio dan video MPEG2.
  • Mengurangi beban kerja CPU untuk keperluan speech recognition.
  • Meningkatkan akurasi serta respon yang lebih cepat ketika menjalankan aplikasi speech recognition.

3. SSE3

SSE3 atau juga dikenal dengan Intel kode nama Prescott New Instructions (PNI), merupakan pengembangan ketiga dari SSE set instruksi untuk IA-32 (x86) arsitektur. Intel memperkenalkan SSE3 pada awal tahun 2004 dengan revisi Prescott dari mereka Pentium 4 CPU. Pada bulan April 2005, AMD memperkenalkan subset dari SSE3 dalam revisi E (Venice dan San Diego) mereka Athlon 64 CPU. Semakin awal SIMD set instruksi pada x86 Platform, dari yang terlama ke terbaru, adalah MMX , 3DNow! (dikembangkan oleh AMD), SSE dan SSE2 . SSE3 berisi 13 instruksi baru selama SSE2 . Instruksi ini kemampuan untuk bekerja secara horizontal di register, yang bertentangan dengan lebih atau kurang ketat vertikal operasi dari semua instruksi SSE sebelumnya. Lebih khusus, instruksi untuk menambah dan mengurangi beberapa nilai yang disimpan dalam register tunggal telah ditambahkan. Instruksi ini menyederhanakan pelaksanaan sejumlah DSP dan 3D operasi.

4. SSSE3

SSSE3 atau Supplemental Streaming SIMD Extension 3 memiliki 13 instruksi lebih banyak daripada SSE2. Teknologi SSE3 ini diberi nama sandi Prescott New Instruction (PNI), pertama kali diterapkan dan diperkenalkan pada revisi prosesor Prescott (golongan Pentium 4).

5. SSSE4

SSE4 merupakan CPU set instruksi yang digunakan dalam Intel microarchitecture Core dan AMD K10 (K8L) . Instruksi ke-4 ini diumumkan pada tanggal 27 September 2006 di musim gugur 2006 Intel Developer Forum, dengan rincian jelas dalam kertas putih,rincian lebih tepat dari 47 instruksi menjadi tersedia di musim semi 2007 Intel Developer Forum di Beijing. Intel SSE4 terdiri dari 54 instruksi. Sebuah subset yang terdiri dari 47 instruksi, disebut sebagai SSE4.1 di beberapa dokumentasi Intel, tersedia dalam Penryn. Intel credits umpan balik dari pengembang sebagai memainkan peran penting dalam pengembangan set instruksi. AMD mendukung 4 instruksi dari SSE4 set instruksi, tetapi juga telah menambahkan empat instruksi SSE baru, penamaan kelompok SSE4a. Instruksi ini tidak ditemukan dalam prosesor Intel mendukung SSE4.1 dan prosesor AMD baru mulai mendukung Intel SSE4.1 dan SSE4.2 di Bulldozer FX prosesor berbasis. Dukungan telah ditambahkan untuk SSE4a untuk unaligned SSE instruksi beban-operasi (yang sebelumnya diperlukan keselarasan 16-byte).

Sekian dari saya pengenalan tentang Teknologi instruksi SSE, jika kalian suka dengan artikel seperti ini silahkan request di kolom komentar!
BGTorial The Man with Big Hope to get the Best Future!

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Instruksi SSE, SSE2, SSE3, SSSE3, SSE4 Pada CPU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel