Apakah Baterai HP Bisa Bocor Jika Charging Semalaman?


BGTorial
- Kita pasti pernah / sering nge-charge smartphone kesayangan di malam hari dimainkan dan bahkan sambil tiduran, ehh... rupanya benar terlelap dan ketika paginya kita sadar smartphone kita belum dilepas dari chargernya. Dan langsung timbul pertanyaan, aman nggak yahh??, nggak bocor kan?.

Hal tersebut tergantung jenis smartphonenya, smartphone jenis terbaru sudah dilengkapi chip PMIC, apa itu PMIC atau Power Management Integrated Circuit?, itu adalah sebuah chip yang berfungsi untuk mengatur arus yang masuk dan memanagement baterai. Bahkan charger sekarang ini juga sudah dilengkapi juga dengan chip yang mirip seperti PMIC, jadi  bisa berkolaborasi dengan chip PMIC yang di smartphone untuk membuat charging bisa lebih efisien dan optimal.

Untuk kita bisa mengetahui bahwa arus listrik yang mengalir ke-smartphone terputus saat baterai sudah penuh dan caranya pun mudah, biasanya smartphone akan panas jika dicharge sampai pagi, jadi kita tinggal tidur, paginya langsung cek kondisi smartphonenya apakah panas atau dingin, dan jika dingin berarti  proses chargingnya memang berhenti jika sudah penuh.

Jadi saat kita tertidur dan baterai smartphone sudah 100%, maka proses charge akan berpindah ke Trickle Charging yaitu listrik masuk kedalam baterai dalam jumlah yang sangat kecil, ini berfungsi untuk mengaktifkan kembali cell-cell elektron yang tertidur.



Dan juga smarphone sekarang ini memiliki sebuah fitur yaitu bisa menyadari jika setelah beberapa lama nge-charge tapi tidak ada interaksi seperti sentuhan layar maka smartphone akan masuk ke mode Hibernate, yang dimana prosesor utama akan dimatikan, dan semua aplikasi yang berjalan di background akan dimatikan, dan sebisa mungkin memperkecil kemungkinan pemakaian daya.

Jadi kesimpulannya begini, kalau kita sangat perhatian terhadap umur dan daya tahan baterai smartphone kita, yang lebih penting adalah kualitas charger, kabel, dan kapan kita harus charging smartphone kita, dan disarankan kalau ingin kualitas baterai smartphone tetap terjaga kita bisa charge smartphone sekitaran 80-90 persen saja.

Sekian.






BGTorial The Man with Big Hope to get the Best Future!

2 Komentar untuk "Apakah Baterai HP Bisa Bocor Jika Charging Semalaman?"

  1. bg cara supaya hp cepat penuh di chas gimana bg ? mohon solusinya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba dengan cara ganti charger nya, cari yang fast charging. Biasanya fast charging merupakan fitur dari smartphone baru

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel