Apa Itu Reset This PC?, Beserta Penjelasannya

 BGTorial - Jika kita memiliki masalah pada Windows, jalan terakhirnya pasti install ulang. Entah itu menggunakan ISO ataupun Memakai CD resminya.

Tapi, bagaimana kalau menginstall ulang windows tanpa memakai bantuan file external?, Di windows sendiri sudah terdapat fitur Reset This PC. Dengan menggunakan fitur tersebut, sama halnya seperti Smartphone dengan fitur reset factory atau wipe data.

Fitur Reset This PC sendiri pertama kali muncul yaitu pada Windows 8 dan juga ada pada Windows terbaru yaitu Windows 10. Lalu bagaimana cara menggunakannya?.


1. Untuk Windows 8 / 8.1

Untuk windows 8 Tekan tombol Windows+I dan pilih Change PC Settings. Kemudian pilih Update and recover dan pilih Recover, lalu tinggal pilih Remove everything and reinstall Windows.
Pastikan sudah backup data-data penting karena proses ini akan menghapus semua data pada drive C. Dan jangan lupa membuat bootable windows 8/8.1 kedalam flash disk dan Get Started untuk melanjutkan.

Klik Next, dan berikutnya terdapat 2 pilihan yaitu Menghapus data pada C (Just Remove My Files) dan Menghapus seluruh partisi (Fully clean the drive) selanjutnya akan muncul konfirmasi kembali untuk melakukan reset Windows 8/8.1. Sistem akan melakukan proses instalasi ulang hingga selesai.


2. Untuk Windows 10

Untuk windows 10 klik ikon windows dan pilih Setting.


Kemudian klik Update and Security.


Lalu pilih Recover dan klik Get Starter pada Reset This PC.


Kemudian ada pilihan Keep My File dan Remove everything.


Nah.. pas ini bingung mau pilih yang mana, bagi yang pintar bahasa inggris okelah, tapi untuk yang awan, oke.. mari kita jelaskan.

  • Keep My Files : Artinya bahwa ketika kamu memilih opsi ini pada saat akan mereset sistem, kamu tidak akan kehilangan semua file penting kamu di dokumen, termasuk beberapa program yang diinstal selain dari partisi C. Sebaliknya, beberapa program inti yang di install di C akan terhapus, sehingga kamu perlu melakukan install ulang kembali aplikasi tersebut.
  • Remove Everything : Untuk pilihan ini, perlu diketahui bahwa pilihan ini akan menghapus semua file yang ada di partisi C maupun partisi lainnya, termasuk juga berbagai file di Dokumen. Sehingga, ketika kamu memilih fitur ini, sistem akan menghapus atau Memformat kembali semua partisi dan me-reinstal sistem Windows 10. Hal terbaik yang perlu kamu lakukan ketika memilih ini adalah membuat file cadangan atau pindahkan semua file penting kamu di driver external (meskipun langkah backup terlebih dahulu merupakan hal yang perlu kamu perhatikan).
Okeyy.. Sekian dari saya lanjut dikomen aja kalau mau bertanya :D.
BGTorial The Man with Big Hope to get the Best Future!

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Reset This PC?, Beserta Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel