Apakah itu MBR dan GPT Pada Hardisk


BGTorial - Sedikit info, Hardisk merupakan sebuah perangkat keras yang digunakan komputer untuk menyimpan data, seperti gambar, video, dokumen, musik dan lainnya.

Hard Disk Drive (HDD) menyediakan ruang khusus untuk menyimpan dan membaca data. Perangkat ini bersifat non-volatile memory yang berarti data yang kita simpan tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan.

Bagi yang pernah menginstall windows ataupun masuk ke BIOS pasti pernah melihat tulisan GPT ataupun MBR, lalu itu apa sih?.

Format partisi pada hardisk terbagi menjadi 2 yaitu GPT dan MBR:

1. GPT

GPT atau GUID Partition Table merupakan standard terbaru yang secara bertahap akan menggantikan MBR, Dan ini juga sama seperti UEFI, yang menggantikan BIOS dengan sesuatu yang lebih modern sama halnya GPT, pada gilirannya, akan menggantikan sistem partisi MBR. Alasan disebutnya GUID Partition Table karena setiap partisi pada drive memiliki pengidentifikasi unik yang global atau GUID-string dari setiap partisi GPT kemungkinan memiliki pengenal yang unik.

Untuk bisa menggunakan UEFI harus menggunakan partisi tipe GPT. Salah satu keunggulan GPT adalah kita bisa membuat partisi yang tidak terbatas di dalam hardisk tipe GPT. Meskipun pada umumnya hanya terbatas pada 128 partisi. Tidak seperti MBR yang hanya terbatas pada kapasitas 2 TB tiap partisinya, setiap partisi di GPT mampu menyimpan hingga 2^64 block (128 partisi)  dan mendukung penyimpanan hingga 9,44 ZB (Zettabytes) tiap partisinya.


GPT juga dapat menyimpan cyclic redundancy check (CRC), yaitu nilai-nilai untuk memeriksa apakah data masih utuh. Jika data rusak, GPT dapat melihat masalah dan berusaha untuk memulihkan data yang rusak dari lokasi lain pada disk. Berbeda dengan MBR, dimana ia tidak punya cara untuk mengetahui apakah data itu rusak.

2. MBR

MBR atau Master Boot Record merupakan tipe yang spesial dari boot sector saat hardisk komputer pertama kali anda partisi. MBR-lah yang memegang informasi tentang logical partition, yang mengandung file system, dan yang menata system tersebut.

MBR merupakan sistem partisi yang dikenalkan pada tahun 1983 oleh IBM bebarengan dengan sistem operasi DOS dan masih digunakan hingga saat ini. 



Fungsi dari MBR sangat penting dalam proses booting. Pada saat booting sedang berjalan, MBR membantu dalam pencarian partisi yang sedang aktif untuk menyimpan informasi booting. Setelah itu, dilakukan pencarian sector utama dari partisi yang aktif untuk bisa mendapatkan boot dari sector tersebut. Sehingga, boot sector dari partisi bisa disimpan ke dalam memori dan memberikan kontrol penuh terhadap kode yang dijalankan di dalam boot sector.

BGTorial The Man with Big Hope to get the Best Future!

Belum ada Komentar untuk "Apakah itu MBR dan GPT Pada Hardisk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel