Cara Mengatasi Driver Power State Failure di Windows 10 dengan Mudah

BGTorial - Pernah mengalami blue screen?, blue screen bisa terjadi karena apa saja tetapi, kebanyakan orang awam menganggap blue screen terjadi karena PC terlalu overheating, atau membuka banyak aplikasi berat dalam waktu bersamaan, mungkin itu salah satunya.

Tetapi, jika kalian mengalami blue screen karena masalah Driver Power State Failure itu bisa menunjukkan driver-nya buruk, hardware-nya yang tidak kompatibel, atau dalam beberapa kasus, pengaturan daya yang tidak tepat.

Jangan khawatir soal itu karena masalah tersebut masih tergolong mudah untuk diatasi bahkan bagi orang awam yang bukan dari jurusan komputer sekalipun. Okey... ikuti caranya dibawah ini.

Caranya Sebagai Berikut:

Copot Pemasangan Driver

Cara pertama yang kita lakukan yaitu dengan copot pemasangan pada driver yang bermasalah.

Windows akan menampilkan status perangkat di Device Manager. Jika perangkatnya tidak berfungsi dengan baik - misalnya driver-nya hilang atau error, maka akan muncul tanda seru berwarna kuning di atas ikon driver. Dalam hal ini, menghapus instalan driver akan memperbaiki masalah-nya.

1. Masuk ke boot Safe Mode, dan buka Run ( atau dengan mengetikkan Win + R).


2. Setelah itu ketikkan devmgmt.msc dan klik OK.

3. Setelah tebuka Device Manager-nya, klik semua tanda panah kebawah di samping tulisan driver tersebut, dan cari driver yang ada tanda serunya. Jika sudah ketemu, klik kanan pada driver dan klik Uninstall device.


4. Lalu restart pc/ laptop, apakah sudah aman?, jika belum kita lanjut kecara kedua.

Mencopot Perangkat Luar

Cara yang bisa kita coba selanjutnya yaitu dengan mencopot semua perangkat periferal yang terpasang ke pc/ laptop seperti speaker, printer, scanner, drive USB, dll.

Lakukan cara tersebut dalam boot Safe Mode, kemudian restart kembali pc/ laptopnya. Jika pc/ laptop aman setelah mencopot perangkat tersebut berarti salah satu hardware-nya yang bermasalah. Kita harus instal ulang driver dari semua perangkat keras yang digunakan.

Update Perangkat Driver

Cara lain yang bisa dicoba dan ini merupakan penyebab paling umum untuk masalah tersebut, kita harus update driver yang sudah outdate atau ketinggalan dzaman, kita bisa melakukan update menggunakan Windows update atau memerlukan software driver seperti Driver Booster, DriverPack Online, DLL.

Mencopot Pemasangan Software yang Baru Dipasang

Misalkan kita baru saja memasang sebuah aplikasi, dan tak lama setelah itu terjadi blue screen, kalian tau kan?... berarti ini penyebabnya, jadi kita harus mencopot aplikasi yang dipasang tadi, tapi copot pemasangannya dalam Safe Mode, lalu restart pc/ laptop-nya.

Itu aja dulu, bosan juga ngetiknya... :v. Jika ada saran tentang post yang lain silahkan komen dibawah, biasa masih blogger newbie jadi butuh banyak masukkan!. :D

BGTorial The Man with Big Hope to get the Best Future!

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Driver Power State Failure di Windows 10 dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel