Bagaimana Sih Cara Kerja Processor?


BGTorial - Dilingkungan yang serba canggih ini pastinya tidak asing lagi dengan nama processor, walau tidak semuanya sih, tapi kebanyakan cuma tau katanya aja dan tidak tau fungsi dan cara kerjanya. Untuk itu gunanya saya membuat artikel ini untuk membuat kalian bisa tidur nyenyak :D.

Apa itu Processor, processor merupakan bagian terpenting dalam komponen hardware komputer ataupun smartphone, processor bisa disebut sebagai otak dari sistem komputer karena processor lah yang bertugas untuk memahami dan kemudian melaksanakan perintah yang diberikan oleh perangkat lunak. Meski processor ini ukurannya hanya sebesar chip, namun ia mampu mengatur semua aktifitas-aktifitas yang ada dalam komputer. Processor ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan kalkulator, namun kinerjanya lebih kuat dalam hal pemrosesan.


Satuan kecepatan yang digunakan oleh processor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz (1000 Mega Hertz), jadi nilainya ikut mempengaruhi proses kecepatan. Ketika nilainya semakin besar maka proses eksekusinya pun juga akan semakin cepat.

Sejarah Dari Processor
Sebelum mengetahui cara kerja dari processor, alangkah baiknya kita mengetahui sejarah atau seluk beluk dari processor sendiri.
1. 1971-1981 processor generasi pertama intel® 4004

Processor intel® 4004 ini merupakan genarasi pertama processor dengan kemampuan yang lumayan loh pada masanya. Terlebih lagi processor yang satu ini merupakan processor pertama yang dikembang kan oleh intel guys. Intel® 4004 ini merupakan awal dari perkembagan processor sebagai otak pada komputer guys.

Processor intel® 4004 ini merupakan processor dengan kemampuan hanya 4 bit guys. Tapi pada masa itu processor yang satu ini cukup populer dan banyak sekali diterapkan pada komputer di masa itu guys. Dan pada masa ini mulai lah intel menggembangkan processor dan terus mengeluarkan perocessor dengan kemampuan yang terus ditingkatkan guys.

2. 1982 – 1989 generasi ke dua

 

Nah pada masa ini intel kembali mengembangkan processor 16 bit. Tapi kemampuan processor pada masa ini tentu telah jauh berbeda jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, tentu saja kemampuan processor pada masa ini lebih canggih dan cepat juga.

Nah pada masa ini perkembangan processor intel sangat pesat dan juga semakin maju. Banyak sekali jenis processor yag dikeluarkan pada masa ini mulai dari intel® 286 processor (16 bit), intel® 386 dx processor (36 bit), intel® 386 sx processor (16 bit), intel® 486 dx processor (32 bit), dan intel® 486 sx processor.

3. Processor intel era 1992 – 1999 generasi tiga (generasi menengah)
Nah pada masa ini perkembangan processor yang sangat pesat dan dan sudah bisa di bilang awal perkembangan processor modern, bisa dibilang juga sebagai awal munculnya processor intel dengan model pentium.
Nah pada masa ini sih merupakan titik balik perkembangan processor yang bisa di bilang sebagai perkembangan processor yang membuat komputer menjadi lebih canggih. Dan pada era 2000 hingga 2008 in perkembangan processor semakin canggih.
4. Era 2009 hingga sekarang

Nah perkembangan processor pada masa ini lah yang sudah makin canggih. Apa lagi bisa dibilang perkembangan proccesor pada masa ini perupakan generasi emas di dunia komputer. Dan pada masa ini lah processor pentium telah digantikan oleh core.

Fungsi Dari Processor

Nah, kita masuk kebagian pengenalan fungsi dari sebuah processor. 

1. Control Unit (CU)

Semua peralatan pada sistem komputer dikendalikan serta diatur oleh bagian ini. Perpindahan data dari memori utama akan di proses di bagian CU. kemudian akan dikirim kembali hasilnya ke memori utama. Setelah itu layar monitor akan menampilkan hasil outputnya yang akan menyimpan data hasil olahan tersebut.

2. Arithmatic and Logical Unit (ALU)

Perhitungan matematika atau aritmatika semuanya dijalankan melalui Bagian ALU ini, tanpa terkecuali. Selain itu, jika program atau software yang sedang kita pakai terjadi masalah maka akan ada Informasi Peringatan Kesalahan (Error Warning) yang tampil di monitor kamu, yang semuanya itu dilakukan di bagian ALU ini. Intinya, bagian ALU ini adalah bagian LOGIKA (pengambil keputusan).

3. Registry (Register)

Register adalah tempat ngantri data-data yang akan diproses, sebelum data tersebut masuk ke memori utama. dan bagian ini merupakan media penyimpanan kecil namun mempunyai kecepatan akses tinggi.


Cara Kerja Dari Processor

Sekarang baru lah kita mengetahui cara kerja dari processor, setelah mengenal seluk beluk dan sampai perkembangan dari processor itu sendiri.

processor melakukan 3 (tiga) cara dasar yaitu diantaranya:

  • Menggunakan ALU (Arithmetic Logic Unit) yakni sebagai operasi matematis seperti pengurangan, penambahan dan perkalian serta pembagian. Mikro processor modern ini mengandung floating point unit yang bisa menjalankan operasi yang sangat kompleks pada angka yang cukup besar.
  • Lalu memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi yang lainnya.
  • Mengambil kehendak dan melompat ke instruksi lain sesuai dengan keputusan.
kesimpulannya cara kerja prossesor adalah menerima umpan atau perintah masuk (input) baik dari mouse, keybord atau alat penginput data yang lainnya yang terhubung, lalu kemudian menerjemahkan data-data perintah tersebut untuk kemudian mengeluarkan outputnya ke hardware atau software terkait.
Nah, sekian dulu kalau ada tambahan atau sanggahan silahkan tinggalkan di komen yaa.
BGTorial The Man with Big Hope to get the Best Future!

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Sih Cara Kerja Processor?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel