Apa Itu Jaringan WAN?, Dan Cara Kerjanya

BGTorial - Wide Area Network atau lebih dikenal dengan WAN merupakan sebuah jangkauan sinyal yang dapat menghubungkan pulau, negara" bagian dan bahkan benua. jaringan WAN terhubung dengan menggunakan kabel fiber optic dan menanamkannya di dalam tanah maupun di jalur bawah laut.

Pada dasarnya, sebuah jaringan yang dibangun dengan menggunakan WAN memiliki prinsip yang hampir sama dengan yang digunakan pada jaringan lainnya, seperti jaringan LAN ataupun jaringan MAN. Yang terpenting dari pembuatan implementasi dari jaringan ini adalah suatu sistem atau organisasi memiliki sebuah komputer server sebagai pusat data dan juga komputer induk. Ini nantinya yang akan menyediakan segala kebutuhan informasi, komputer client, dan juga berbagai macam perangkat keras jaringan komputer yang mendukung konektivitas, baik LAN, MAN, dan juga WAN.
Cara Kerja WAN yaitu:
  • Sebuah komputer server atau host akan ditempatkan pada satu lokasi tertentu, dimana komputer server tersebut akan mendukung semua kebutuhan pengaksesan database dan juga informasi yang dimiliki.
  • Kemudian, server akan mentransmisikan informasi dan juga paket data yang dimilikinya ke dalam jaringan komputer yang sudah dibangun, sesuai dengan topologi yang sudah diimplementasikan sebelumnya.
  • Dengan komputer yang saling terhubung, maka kompter user atau client yang berada di luar pulau akan bisa mengakses informasi dari satu compute server saja.
Apa saja yang dibutuhkan untuk membentuk jaringan WAN?

Perangkat yang dibutuhkan untuk membuat infrastruktur WAN

1.   Router
Router adalah peningkatan kemampuan dari bridge. Router mampu menunjukkan rute/jalur (route) dan memfilter informasi pada jaringan yang berbeda. Beberapa router mampu secara otomatis mendeteksimasalah dan mengalihkan jalur informasi dari area yang bermasalah. 
 2.   ATM Switch
Switch ATM menyediakan transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN.

 3.   Modem and CSU/DSU 
Modem mengkonversi sinyal digital dan analog. Pada pengirim, modem mengkonversi sinyal digital ke dalam bentuk yang sesuai dengan teknologi transmisi untuk dilewatkan melalui fasilitas komunikas analog atau jaringan telepon (public telephone line). Di sisi penerima, modem mengkonversi sinyal ke format digital kembali.

4.   CSU/DSU (Channel Service Unit / Data Service Unit)
CSU/DSU sama seperti modem, hanya saja CSU/DSU mengirim data dalam format digital melalui jaringan telephone digital. CSU/DSU biasanya berupa kotak fisik yang merupakan dua unit yang terpisah : CSU atau DSU.

 5.   Communication Server 
Communication Server adalah server khusus “dial in/out� bagi pengguna untuk dapat melakukan dial dari lokasi remote sehingga dapat terhubung ke LAN.

6.   Multiplexer 
Sebuah Multiplexer mentransmisikan gabungan beberapa sinyal melalui sebuah sirkit (circuit). Multiplexer dapat mentransfer beberapa data secara simultan (terus-menerus), seperti video, sound, text, dan lain-lain.

7.  X.25/Frame Relay Switches
Switch X.25 dan Frame Relay menghubungkan data lokal/private melalui jaringan data, mengunakan sinyal digital. Unit ini sama dengan switch ATM, tetapi kecepatan transfer datanya lebih rendah dibanding dengan ATM.

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat jaringan WAN

1. Antena Grid
Antena Grid memiliki fungsi memperkuat dan mengarahkan sinyal wireless untuk melakukan koneksi point to point atau point to multipoint. Antena ini dapat menerima dan mengirim sinyal data dengan sistem gelombang radio 2,4 Mhz.

2. Access Point Radio Senao
Alat ini berfungsi sebagai Switch atau HUB untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless atau nirkabel. Pada access point inilah koneksi data dikirimkan atau dipancarkan melalui gelombang radio. Ukuran kekuatan sinyal akan mempengaruhi luas jangkauan, semakin besar kekuatan sinyal maka semakin luas jangkauannya.

3. Kabel Pigtail
Kabel Pigtail merupakan peralatan yang berfungsi untuk menghubungkan Antena Grid dengan Access Point Radio Senao. Kalau pada modem, alat ini digunakan untuk menghubungkan modem dengan antena external modem.

4. Kabel UTP
Kabel UTP atau Unshielded Twisted Pair merupakan kabel yang dapat digunakan untuk membuat jaringan komputer. Fungsi kabel ini dalam pembuatan jaringan WAN adalah menghubungkan Access Point Radio Senao dengan Personal Computer.

5. Personal Computer
Fungsi dari PC atau Personal Computer dalam jaringan WAN adalah sebagai client serta servernya.


Keuntungan Menggunakan Jaringan WAN
Selain lebih canggih daripada LAN ataupun MAN, jaringan WAN ini tentunya memiliki cakupan wilayah jaringan yang sangat luas. Adapun teknologi yang lebih canggih sudah tentu ditanamkan di mekanisme ini. Otomatis hal tersebut juga membuat jaringan WAN dapat terhubung dengan lebih rahasia dan lebih aman. Karena cakupannya bisa membentang antar benua, maka hal ini juga mempengaruhi kemudahan dalam urusan berbisnis.

Kerugian Menggunakan Jaringan WAN
Teknologi yang lebih canggih, cakupan yang lebih luas, serta keamanan yang lebih terjaga pastinya membutuhkan biaya operasional yang tidak murah. Karena hal itu, biaya adalah hal utama yang menjadi pertimbangan dalam membuat sebuah jaringan WAN.
Sekian tentang penjelasan tentang WAN, dan saya juga akan update tentang LAN, MAN, dan PAN juga, sekilas untuk membahas materi IT lagi :D.
BGTorial The Man with Big Hope to get the Best Future!

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Jaringan WAN?, Dan Cara Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel